KABAR DARI ACEH

UPUBKB Dishub Bireuen Terakreditasi Kemenhub, dan Siap Terapkan Sistem BLUe

Bieuen – Aceh Monitor Com. (AMC) Sebagai bentuk pengakuan formal dari Pemerintah yang menyatakan bahwa suatu UPUBKB telah memenuhi persyaratan untuk melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor, Dalam hal ini Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat menerbitkan Sertifikat dan Akreditasi bagi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB).

Adapun Standar penilaian akreditasi yang ditetapkan yaitu sistem informasi uji berkala kendaraan bermotor, sistem dan tata cara pengujian, keakurasian peralatan (kalibrasi), lokasi unit pengujian kendaraan bermotor, kompetensi penguji dan standar fasilitas prasarana dan peralatan pengujian.

“Alhamdulilah, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP. 3080/AJ.502/DRJD/2019. Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Kabupaten Bireuen terakreditasi dengan klasifikasi akreditasi C” ujar Kadis Perhubungan Kabupaten Bireuen Mulyadi SE, MM Selasa 29/10/2019.

Dengan mengantongi sertifikat tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Birueen dipercaya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk menjalankan program tingkat nasional yakni, penerapan elektronik kartu lulus uji berkala elektronik (BLUe).

Mulyadi menerangkan adapun sistem
pelayanan uji kir kendaraan akan berubah dari sebelumnya manual ke elektronik yang mempermudah para pemilik kendaraan, serta mempersempit adanya pemalsuan buku uji berkala, yang saat ini marak di Indonesia.

Dengan program online maka akan terhindar dari adanya pungutan liar, serta data pemilik kendaran yang sudah melakukan uji terintegrasi ke Kemenhub dengan akurasi data valid.

“Program berbasis digital dan online ini insyAllah akan kita laksanakan di awal tahun 2020, saat ini kita sedang persiapan untuk dapat melayani publik dengan maksimal ” pungkas Mulyadi

Disamping itu, sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : AJ/ 503/33/DRJD/2019 paoin kedua yang menyatakan bahwasannya UPUBKB yang belum mendapatkan akreditasi dari Kemenhub dilarang menyelenggarakan Uji Berkala Kendaraan Bermotor.

“Hanya ada tiga UPUBKB dalam provinsi Aceh yang terakreditasi, Dishub Bireuen salah satunya” jelasnya

Selanjutnya, Mulyadi menambahkan program ini juga menjadi pelauang Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Bireuen dalam menunjang PAD.

“Kita terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan publik” tegasnya

Pantauan media saat menuju kekantor dishub Bireuen yang beralamat di jalan Medan- Banda Aceh , Blangbladeh Kecamatan Jeumpa tampak jalan akses keluar masuk ke gedung UPUBKB Dishub Bireuen yang rusak parah dan berlumpur.(Duta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!