NASIONAL

Wali Kota Banda Aceh Raih Anugerah Kihajar 2019

Jakarta – Aceh Monitor Com. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kembali meraih penghargaan bergengsi di tingkat nasional. Kali ini berupa penghargaan tertinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu Anugerah Kihajar 2019.

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berprestasi dalam pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan di wilayahnya.

Malam penganugerahan ajang tahunan Kemendikbud melalui melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Tahun ini, tema yang diusung yakni  ‘Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital’.  Plakat diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi didampingi Kepala Kapustekkom Gogot Suharwoto, kepada Wali Kota Aminullah.

Selain Aminulah, penghargaan serupa juga diserahkan kepada 15 kepala daerah berprestasi lainnya yakni dari Sulawesi Utara, Jawa Timur, Bandung, Semarang, Gunung Kidul, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Deli Serdang, Banjarbaru, Kutai Timur, Gowa, Maluku Tenggara, Badung, dan Jayapura.

Kepala Pustekkom Gogot Suharwoto mengatakan, aspek yang dinilai pada penganugerahan ini, antara lain kebijakan kepala daerah, tata kelola, implementasi TIK, manajemen dan komitmen untuk peningkatan SDM. “Kemudian dampak pada guru, siswa dan prestasi sekolah, serta inovasi-inovasi yang dilakukan di daerahnya,” ungkapnya.

“Dari seluruh kepala daerah 514 kabupaten/kota se-Indonesia, awalnya ada 155 orang yang masuk nominasi. Kemudian dikerucutkan lagi menjadi 34 untuk menyampaikan presentasi pada akhir Oktober lalu, dan akhirnya terpilihlah 16 kepala daerah berprestasi yang kita berikan penghargaan pada malam ini,” ungkapnya lagi.

Sementara Sekjen Didik Suhardi yang mewakili Mendikbud Nadiem Makarim, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas perhatian luar biasa para kepala daerah peraih Anugerah Kihajar 2019 terhadap dunia pendidikan di wilayahnya masing-masing.

“Semoga dapat menjadi motivasi dan contoh bagi daerah lain, terutama terkait pemanfaatan IT dalam dunia pendidikan. Hal ini tak bisa ditawar-tawar lagi karena generasi muda kita sudah sangat melek teknologi. Sangat rugi jika tak mampu menyiapkan sarana dan prasarana IT dengan baik,” katanya.

Adapun sejumlah inovasi terbaru yang digagas pihaknya yakni Rumah Belajar dan TV Edukasi, yang bisa dimanfaatkan di ruang kelas maupun di rumah oleh siswa. “Jadi di manapun mereka bisa belajar. Mari kita dorong anak-anak kita untuk menggunakan TIK dengan bijaksana, bukan hanya untuk nge-game tapi juga untuk belajar,” pungkasnya.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Aminullah menyampaikan rasa syukur dan bahagianya. “Alhamdulillah segala puji syukur kepada Allah SWT, atas berkat rahmatnya, prestasi demi prestasi terus ditorehkan oleh Banda Aceh. Ini juga buah kerja keras seluruh jajaran Pemko Banda Aceh khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dan saya atas nama wali kota dan masyarakat mengucapkan terima kasih.”

“Anugerah Kihajar 2019 ini saya dedikasikan bagi seluruh insan dunia pendidikan Banda Aceh mulai dari kepala sekolah, dewan guru, siswa, hingga pihak-pihak yang selama ini sangat concern terhadap kemajuan pendidikan. Secara khusus, penghargaan ini selaras dengan penetapan Banda Aceh sebagai pilot project Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia,” kata Aminullah didampingi Kadisdikbud Banda Aceh Saminan.

Ia menambahkan, salah satu inovasi Banda Aceh dalam pemanfaatan TIK di dunia pendidikan adalah

Sinan Sikula; Sistem Layanan Informasi Sekolah. “Inovasi unggulan Banda Aceh berupa suatu aplikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi antara sekolah dan orangtua/wali murid.”

“Melalui aplikasi berbasis mobile, web, dan SMS ini kita berkomunikasi dan memberikan informasi seputar kehadiran atau absensi, akademik, dan aktivitas peserta didik di sekolah,” demikian Aminullah Usman. (Ril)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!