IPTEK

175 Tiang Lampu Tenaga Surya Rusak , Ini Penjelasan Sekda

Binjai – (Sumut) – Ratusan lampu jalan bertenaga surya kondisinya rusak padam dan ada juga yang berkerlip di malam hari bagai lampu di diskotik.

Diduga sudah sekitar 3 tahun LPJU yang dipasang di sejumlah ruas jalan inti Kota Binjai tak mendapat perhatian dan perawatan.

Amatan wartawan Aceh Monitor, kondisi memprihatinkan ini terjadi di beberapa jalan protokol, di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan T Amir Hamzah dan Jalan Sudirman.

Setidaknya ada 175 tiang lampu tenaga surya mengalami kerusakan padam total, dengan setiap tiang merekat dua lampu di sisi jalan yang berseberangan.

Sekretaris Daerah Kota Binjai, Mahfullah Daulay ketika diwawancarai soal kondisi lampu jalan malah bertanya. Diduga tidak tahu, Sekda berdalih baru menerima informasi.

Katanya ia telah menerima temuan dan akan menindaklanjuti.

“Rusak ya? Saya terima laporannya, ya kalau rusak kita perbaiki, nanti saya tindaklanjuti,” ujarnya, Senin (23/7/2018) usai menghadiri perayaan HUT ke-58 Kejaksaan di Jalan T Amir Hamzah.

Sekda juga membenarkan bahwa masalah ini ditanggungjawabi Dinas Tarukim. Selain itu ia tak menampik adanya biaya untuk perawatan setiap lampu jalan.

“Benar-benar (Tarukim), pasti ada lah biaya perawatannya. Nanti lah saya tindak lanjuti,” ujarnya terburu-buru menuju ke mobil dinasnya berplat hitam.

“Hampir rata-rata semua lampunya mati, ada juga yang kedip-kedip di Jalan Sudirman sama Jalan Soekarno-Hatta. Sudah bertahun ini, gak ada perhatian,” tukas warga, Bambang. (Hadi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!