OPINI

Aceh Menonton Harus Hadir Ditengah Masyarakat

Penulis : Muhammad Hendri (Programmer Aceh Menonton, Mahasiswa Televisi dan Film Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Banda Aceh – Aceh Monitor Com.Aceh Menonton adalah wujud kesadaran kolektif pembuat, pencinta, dan penikmat film. Aceh Menonton ini bergerak di bidang eksibisi dan diskusi.

Setelah dipikir-pikir “Aceh
Menonton” menjadi suatu hal yang harus hadir ditengah-ditengah semangat produktivitas  sinema di Aceh. Walaupun bioskop komersil seperti; XXI, CGV, CINEMAXX dan lainnya tak
tampak di kota serambi mekkah ini, namun hal-hal kecil yang bisa dilakukan adalah seperti program Aceh Menonton ini.

Paling tidak, selain memberikan tontonan yang menghibur, harapannya juga menambah referensi-referensi film bagi pegiat-pegiat film di Aceh.

Program eksibisi ini juga upaya menghadirkan dialektika setelah menonton film, dan menstimulun pengetahuan-pengetahuan yang akan dikupas oleh narasumber terkait
apapun pada film yang dieksibisi. Film-film yang diputarkan adalah karya sineas-sineas dan/atau pembuat-pembuat film nusantara.

Memang secara geografis Aceh merupakan suatu provinsi yang terletak di ujung Nusantara,sehingga espektasi langsung bertatap muka dengan pembuat filmnya sulit untuk terwujud.
Namun tim programmer pada Aceh Menonton akan menghadirkan dua narasumber;pembahas dan penyanggah yang akan dipromotori oleh seorang moderator.

Pembicaraan sangat diharapkan disangkutpautkan dengan pelbagai disiplin ilmu pengetahuan seperti
politik, psikologi, antropologi, sastra, budaya, komunikasi, pendidikan, ekonomi, dan lain
sebagainya.

Karena seperti kata salah satu tokoh perfilman Aceh, Azhari, Sineas dokumenter yang berkegiatan di Aceh documentary, bahwasanya pergerakan sinema di Aceh masih dikatakan
barang baru, beda halnya di tanah Jawa Sineas di sana langsung bersentuhan dengan dunia Industri dan orientasinya kebanyakan adalah komersil. Ditambah lagi dengan hadirnya (…)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!