KABAR DARI ACEH

Begini Jalanya Peringatan Haul Teuku Raja Muda Tjut Latief Di Bireuen

Bireuen – Aceh Monitor Com. Warga Gampong Teupin Mane serta seluruh ahli waris keluarga Ulee Balang (KUB) Aceh memperingati haul pertama mengenang wafatnya Teuku Raja Muda Tjut Latief putera ulee balang yang berjiwa pahlawan pada masa Kerajaan Aceh Darusalam.

Acara turut dihadiri Dandim 0111 Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, Dandim Pidie Jaya Letkol Arh Donny Indiawan, Ketua DPRA Tgk. Muharuddin, Asisten Pemerintahan Pidie Jaya, Ketua ulee Balang Aceh T. H Mufizar MP, Ketua Gerindra T.A Khalid, unsur Muspika Kecamatan Juli, tokoh masyarakat berlangsung di Muenasah Teupin Mane, Bireuen. 25/8/2018.

Dalam sambutan nya . Dandim Bireuen Letkol inf Amrul Huda menyampaikan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa dan menghormati jasa perjuangan para pendahulu dan para pahlawannya, maka hal yang dilaksanakan oleh pihak keluarga dan masyarakat hari ini , dapat menjadi momentum mengenang kembali sejarah perjuangan.

“Teuku Raja Muda Tjut Latief  adalah bagian dari sejarah Aceh yang harus kita dokumentasikan kita jaga dan kita rawat bersama”ungkapnya

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana haul Ir . Teuku Barzaini Daud dalam laporannya menjelaskan , adapun kegiatan haul yang pertama ini , sebagai silaturahmi keluarga besar uleebalang dan ahli waris Teuku Raja Muda Tjut Latief  yang berada di seluruh pelosok Tanah Rencong Aceh.

“Terima kasih dan apresiasi seluruh unsur mulai dari TNI Polri dan muspika kecamatan Juli serta Pemerintahan Kabupaten Bireuen dan Pidie Jaya, warga masyarakat serta seluruh anggota kepanitiaan atas terlaksananya kegiatan haul pertama memperingati wafatnya Teuku Raja Muda Tjut Latief hari ini”jelasnya

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat dari gampong Teupin Mane M Nasir H.Abdul Hamid menyampaikan , bahwasannya segenap masyarakat Teupin Mane turut merasa bangga dengan diadakan haul mengenang sosok pahlawan Teuku Raja Muda Tjut Latief yang makamnya berada di kawasan Gampong Teupin Mane.

“Dengan kegiatan ini dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat umumnya akan sejarah masa tempo dulu yang tak dapat di lupakan begitu saja , maka dalam kesempatan ini kami mewakili masyarakat di mana menginginkan agar makam dari Teuku Raja Muda Tjut Latief agar dapat dipugar untuk menjaga kelestarian sejarah” pungkasnya.

Acara Haul pertama mengenang sejarah Teuku Raja Muda Tjut Latief Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Laksamana Muda) Kerajaan Aceh Darussalam juga turut dirangkai dengan kegiatan doa dan ziarah bersama dimakam Teuku Raja Muda Tjut Latief dan santunan anak yatim dari penduduk setempat. (Duta).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!