SOSIAL BUDAYA AGAMA

BPM Bireuen Gelar Pelatihan TPID

Aceh Monitor Com

Bireuen – Aceh Aceh Monitor Com (AMC). Sekda Bireuen Ir Zulkifli SP, membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) SE Kabupaten Bireuen, bertempat di Aula hotel Bireuen Jaya , Selasa 13/11/2018.

Membacakan sambutan Bupati, Ir Zulkifli SP mengatakan . Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumberdaya manusia, pelayanan sosial dasar serta infrastruktur desa.

“Diharapkan melalui Program Inovasi Desa mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipasif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektis dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat”, ujar Sekda

Ir Zulkifli SP juga mengatakan bahwa Kemendes PDTT telah menyusun pedoman lengkap Program Inovasi Desa seperti SOP Percepatan Program Inovasi Desa, SOP Jasa Layanan Teknis, Modul Program Inovasi Desa dan SOP Program Inovasi dan Pengelolaan Pengetahuan Desa.

“Adapun langkah-langkah nyata yang akan dilakukan dalam mengamanatkan UU Desa salah satunya dengan pola Inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa telah tumbuh dari inisiatif masyarakat dan atau Pemerintah Desa maupun Kecamatan.

Dan Program Percepatan Inovasi Desa juga sebagai langkah kebijakan yang diambil guna mempercepat proses pelaksanaan kegiatan dalam upaya agar proses pelaksanaan kegiatan dapat disesuaikan dengan siklus pembangunan desa yang oleh Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah”, ucapnya

Pelatihan ini memiliki arti penting bagi Tim Pelaksana Inovasi Desa, guna memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi Desa / Kampung untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada.

Hingga setelah pelatihan tersebut dapat mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong dan keluarga Berencana Bireuen Bob Miswar STTP M,Si mengatakan bahwa sasaran utama dilaksanakan pelatihan TPID bertujuan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.

“Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif. Meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan desa secara lebih inovatif dan berkualitas”ungkapnya

Memfasilitasi peningkatan kapasitas desa-desa melalui Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa berdasarkan kebutuhan desa dalam mewujudkan replikasi kegiatan Inovasi Desa serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kader pemberdayaan masyarakat desa.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari 4 orang perwakilan setiap Kecamatan dan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari sampai dengan tanggal 15 November 2018. (Duta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!