PEMKO BANDA ACEH

Di Fasilitasi Bhayangkari Disdukcapil Gelar Pelayanan Akta Kelahiran

Banda Aceh -Aceh Monitor Com. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh difasilitasi oleh Bhayangkari Daerah Aceh menggelar pelayanan akta kelahiran langsung jadi dan perekaman e-KTP di Kantor Keuchik Gampong Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa, Senin (17/9/2018).

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-66, tersebut  dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Banda Aceh Nurmiaty AR bersama Ketua Bhayangkari Aceh Veny Rio S Djambak.

Ketua TP-PKK Banda Aceh Nurmiaty AR mengatakan, pelayanan yang dilaksanakan pihaknya tersebut bukan hanya pembuatan akta kelahiran dan perekaman e-KTP saja, tapi juga pembuatan akta kematian bagi warga yang membutuhkan. “Terima kasih kami ucapkan kepada Bhayangkari Aceh yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini.”

“Ini merupakan program ‘jemput bola’ yang kita lakukan guna mempermudah masyarakat Banda Aceh untuk memiliki dokumen kependudukan. Dan pengurusannya juga tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Jadi bapak-ibu sekalian jangan sungkan-sungkan ya jika ingin membuat e-KTP, akta kelahiran, maupun akta kematian.”

“Sebenarnya selain di balai kota, petugas Disdukcapil kita juga rutin turun ke gampong-gampong dan juga sekolah untuk menggelar acara seperti ini. Hanya saja kali ini kita rangkai dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari,” katanya seraya meminta ibu-ibu PKK gampong untuk aktif mensosialisasikan kepada masyarakat perihal kemudahan mengurus administrasi kependudukan di Banda Aceh.

Sementara itu dalam sambutannya, Veny Rio S Djambak menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud nyata Bhayangkari Aceh dalam mendukung program pemerintah terkait pendataan kependudukan bagi masyarakat.

Menurutnya, pencatatan kelahiran merupakan dasar bagi pengakuan legal oleh negara atas keberadaan seseorang. “Akta lahir memberikan bukti yang otentik serta memiliki kekuatan hukum yang sempurna atas jati diri seseorang,” katanya.

“Melalui kegiatan ini kita semua berharap dengan memiliki akta kelahiran maka nantinya akan mempermudah si anak dalam menjalani kehidupannya dan memiliki akses ke segala bidang,” katanya lagi. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!