KABAR DARI ACEH

NACMCC Kompetisi Yang Pertama Diadakan Di Indonesia

Banda Aceh – Aceh Monitor Com (AMC). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Komunitas Peradilan gelar Seminar National Anti Corruption Mootcout Competition (NACMCC) Piala Bergilr KPK Republik Indonesia, Jum’at (16/11/18) di AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Dengan tema ” Peran Generasi Muda dalam Memberantas Tindak Pidana Korupsi”.

Seminar yang dipandu Dosen Fakultas Hukum Uniersitas Syiah Kuala Nursiti, S.H.M.Hum itu menghadirkan Wakil Ketua KPK RI Laode M. Syarif dan Alfian, S.E

Selaku Koordinator Masyarakat Tranparansi (MaTA) dalam diskusi Alfian mengangkat topik ” Peran Masyarakat Sipil dalam Pemberantas Korupsi”

Alfian juga memaparkan perlunya penindakan sistem perbaikan dalam hal laporan awal masyarakat sipil.

“Sudah seharusnya masyarakat bermitra dengan KPK, Kejaksaan serta institusi penegak hukum lainnya mengkampanyekan pendidikan anti korupsi” ungkapnya.

Seminar ini hadir para delegasi mahasiswa Universitas Syiah Kuala maupun Universitas lain serta di kalangan umum.

Antuasiasme peserta seminar cukup mengejutkan dalam hal habisnya tiket yang telah disediakan dari 1200 tiket oleh pihak panitia dalam kurun waktu kurang dari sehari.

Saat berlangsungnya seminar banyak pertanyaan yang timbul dari peserta Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengucapkan Terimakasih kepada Universitas Syiah Kuala khususnya Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Hukum. NACMCC ini merupakan piala bergilir KPK pertama yang diikuti oleh beberapa Universitas di Indonesia” ungkapnya.

Dekan Fakultas Hukum Unsyiah Prof. Dr. Ilyas, S.H.,M. Hum. Berterimakasih kepada KPK RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Hukum Unsyiah untuk menyelenggarakan NACMCC.

“Terimakadih kepada KPK yang telah memberikan kepercayaannya, apa yang kita lakukan ini sebagian dari usaha kita membangun sumber daya manusia untuk menegakkan hukum yang berintegritas dan bermoral” pungkasnya.

NACMCC adalah kompetisi mootcourt anti korupsi pertama yang diadakan di Indonesia.

Pihak KPK mempercayakan amanah kepada” tuan rumah pertama dari penyelenggaraan NACMCC kali ini KPK optimis akan potensi mahasiswa dari ujung Sumatera dari sabang sampai metauke.

Laode M. Syarif selaku Wakil Ketua KPK berharap kepada seluruh Mahasiswa khususnya Universitas Syia kuala, mahasiswa unsyiah jauh dapat lebih pintar dibanding yang lain, mahasiswa Unsiah lebih anti kprupsi dan untuk seluruh mahasiswa Indonesia bersiap-siap untuk mengikuti NACMCC selanjutnya.”tutupnya

Acara ditutup dengan jamuan makan siang dihadiri Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Laode M. Syarif, Perwakilan PLT Gubernur Aceh, Wali Kota Banda Aceh, Wakil Rektor Universitas Syiah Kuala, Dekan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala dan sepuluh delegasi dari berbagai Fakultas Hukum di seluh Indonesia dan setelah itu dilanjutkan dengan Shalat Jum’at kegiatan akan dilanjutkan dengan perlombaan simulasi pada hari Sabtu dan Minggu. (rel/pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!