KABAR DARI ACEH

Ngeri , Saksi Warga Melihat Angin Puting Berwarna Hitam Dengan Kecepatan Tinggi

Bireuen  – Aceh Monitor.com. Angin puting beliung yang terjadi  Rabu (6 /12/2017 ) kemarin menerpa 4 (empat) Desa di  3 (tiga ) Kecamatan di Kabupaten Bireuen meliputi Desa Tanoh Anoe, Tanjongan, Alue Buya dan Cot Pu’uk.

Yang mengakibatkan rusaknya Ratusan bangunan tempat tinggal, ruko dan tempat usaha masyarakat.Baik Rusak berat maupun kerusakan ringan

Hal ini disanpaikan Tagana Dinsos Kabupaten Bireuen. Kamis (7/12/2017) melalui  WA kepada Aceh Monitor Com.

Adapun bangunan yang tidak berat dan ringan Kecamatan Jangka Desa Tanoh Anoe mencapai 20 unit rumah rusak berat dan ringan, tempat usaha jambo sira yang rusak mencapai 47 unit dan Bungunan ruko 7 unit di Desa Tanoh Anoe Desa tanjungan Rumah Rusak 2 unit, Desa Alue Buya Rumah Rusak 1unit atas nama Syuib umr 45 tahun tanggungan  6 orang.

Sedangkan di Kecamatan Peusangan
Desa Cot Pu’uk , Rumah rusak satu unit atas nama Rusli umur 42 tatun  dengan tanggungan sebanyak  4 orang
Sedangkan kejadian Bencana Alam Puting Beliung di kecamatan Jangka dan Peusangan Kabupaten Bireuen terdiri dari Gampong : Tanoh Anoe , Jangka Aluebi,  Tanjungan, dan Cot Pu’uk.

Kalak BPBD bersama Anggota tim Pusdalops PB, Anggota , Kapolsek Jangka  Danramil,Tagana ,Rapi dan Masyarakat saling membantu untuk Melaksasakan pembersihan dan Pendataan  Rumah , Kedai dan Dapur Garam tradisional yang rusak akibat angin puting Beliung .

Berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa Angin Puting beliung Berpusaran berwarna hitam pekat datang dari arah selatan sekira pukul 16.30 wib.selama 5 (lima) menit dengan  kecepatan tinggi  menghantam dan merobohkan beberapa rumah milik warga dan tempat usaha, serta fasilitas umum lainnya berupa 4 batang tiang listrik milik PLN dan kondisi saat ini listrik padam total.

Adapun hasil pendataan di lapangan untuk sementara waktu dapat kami sampaikan sbb:
1.Desa Tanoh Anoe kec.jangka
-9 unit Rumah Rusak Ringan
– 8 unit Kedai/ruko  kerusakan berat/ ringan
– 13 unit Dapur pengolahan garam  rusak Berat (roboh)
Desa Tanjongan
– 1 unit rumah Rusak ringan
-15 unit dapur Garam rusak Berat/ringan
Desa Aluebie Pusong
– 13 unit dapur garam rusak berat/ pohon
Desa Jangka Aluebie
kalak BPBD Mengintruksikan  kepada tim pusdalop-Pb untuk segera memasang 1(satu) unit tenda regu.

Kalak juga memberikan  Himbauan kepada seluruh masyarakat diharapkan kepada seluruh warga tetap waspada terhadap cuaca ektrim (BMKG)
Sementara Dinsos Bireuen bergerak cepat berupaya memberikan bantuan tanggap darurat berupa mie instan dan lainnya. (Edi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!