KABAR DARI ACEH

Walikota Banda Aceh minta pusat tinjau kembali pembangunan IPAL di Gampong Pande

Banda Aceh-Aceh Monitor Com.Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta agar lokasi pelaksanaan pembangunan IPAL di Gampong Pande di tinjau kembali.

Aminullah menyampaikan hal tersebut di sela sela Rapat Paripurna Pandangan Fraksi terhadap Rancangan Qanun tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBK 2016, Selasa (29/8)

“Saya telah meminta kepada Dinas PU untuk memanggil kontraktor pelaksana serta meminta pemerintah pusat untuk meninjau kembali pelaksanaan kegiatan tersebut. Apalagi disekitar tempat pembangunan IPAL tersebut terdapat situs sejarah dan makam para ulama yang seharusnya kita lestarikan” ujar Aminullah.

Aminullah juga mengatakan bahwa dirinya akan mempelajari kembali terkait pelaksanaan pembangunan kegiatan tersebut dikarenakan pekerjaan ini telah dimulai sebelum dirinya menjadi Walikota.

Terkait keberhasilan mendapatkan penghargaan dan masuk Top 40 Sinovik dalam Inovasi pengolahan sampah menjadi gas yang dihubung-hubungankan dengan permasalahan IPAL di Gampong Pande, Walikota menyampaikan bahwa hal tersebut tidak saling terikat. “Penghargaan yang diraih merupakan inovasi dari gas methan yang dihasilkan dari TPA Gampong Jawa disalurkan ke rumah warga ekonomi lemah yang berdomisili di sekitar lokasi TPA, jadi tidak mempunyai hubungan dengan pelaksanaan IPAL di Gampong Pande” tegas Aminullah.

Sementara Ketua Komisi C DPRK, Mahyiddin mengamini statement Walikota terkait IPAL. Mahyiddin juga menambahkan bahwa penghargaan Top 40 Sinovik itu merupakan penghargaan yang seharusnya di terima walikota sebelum nya. “Pak Amin hanya menerima penghargaan yang di dapat Walikota sebelumnya” pungkas Mahyiddin.

Pelaksanaan Pembangunan IPAL yang berlokasi di antara Gampong Pande dan Gampong Jawa tersebut mulai di garap pada 2015 diatas lahan seluas 1,6 ha yang di dalam pelaksanaan nya menjadi hangat diperbincangkan karena telah mengusik keberadaan situs sejarah dan makam para ulama.(Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!