KABAR DARI ACEH

Dr. Khalawi, A.H Sarankan Unsyiah Membuka Jurusan Teknik Lingkungan

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Fakultas Teknik Unsyiah dan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR melakukan kuliah umum , Senin 10/02/20.

Dalam kuliah umum yang mengambil temsa”Penyediaan Perumahan Berwawasan Lingkungan “, diikuti peserta dari dosen.mahasiswa.dan staf dinas PU Perkim Aceh.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unsyiah.Prof Dr. Samsul Rizal,M.Eng. Kepala Dinas Perkim Aceh,Ir.T.Mirzuan,M.T , Dekan FT Unsyiah.Dr.Ir.Taufik Saidi,M.Eng.

Dalam kegiatan itu , Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR. Dr. Khalawi,A.H. Menjadi narasumber di kuliah umum tersebut. Dalam pemaparanya ia menyarankan agar membuka jurusan Teknik Lingkungan pada Universitas Syiah Kuala. sesuai dengan visi Presiden RI pembangunan infrastruktur dengan konektifitas.

“Negara perlu berubah hijrah menjadi negara unggul. Meningkatkan daya saing bangsa melalui percepatan infrastruktur. Daya saing negara turun di bidang penyediaan air bersih.sanitasi dan perumahan. Sekitar 80 juta kaum milenial memerlukan penyediaan perumahan , infrastruktur dari 250 waduk menjadi tambahan 49 tahun 2019 dan 20 waduk baru tahun 2020.,” sebutnya

Ia menambahkan daerah Aceh sangat kaya dengan sumber daya alam.membuka akses ke pusat kabupaten  melalui daerah yang dilewati jalur tol. Transportasi jalan 2000 km tol trans sumatera dari bakauheni hingga Aceh akan diselesaikan pada tahun 2021.

“Aceh diselesaikan dalam tahun 2021.Namun perlu peningkatan kenyamanan jalan raya sampai kota kecamatan. Inovasi merangkul pihak swasta. Menghidupkan investasi melalui omnibus law.mengurangi izin dan syarat bagi investor,” ungkapnya

Dalam satu undang -undang bisa jalan investasi ,Tenaga kerja dengan biaya tinggi kurang menarik minat investor, dan pindah ke daerah tenaga kerja yang murah. Sektor perumahan mengikuti masterplan sejalan dengan peningkatan sanitasi dan air bersih.

“Kampus diharapkan bisa mewarnai kegiatan pengembangan permukiman. Program dinas bisa melibatkan unsur kampus. Program 1 juta rumah. Program kolaborasi stakeholder swsata.masyarakat.pemerintah . Sejak 2015 hingga 2019. Sudah mencapai 1 juta dalam 1 tahun sudah tercapai ,” kata Dr. Khalawi,A.H.

“Persoalan di pesantren atau dayah adalah  penyediaan air bersih dan sanitasi. Melalui payung hukum Perpres untuk penyediaan fasilitas rusunawa. Program stimulan rumah swadaya seperti program bedah rumah bagi keluarga kurang mampu.17.5 juta/unit rumah,’ ujarnya.

Selanjutnya acara dilanjutka dengan sesi tanya jawab dengan para mahasiswa. (D, Ar)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!