KABAR DARI ACEH

Ini Kata Aminullah Usman , Saat Membuka PSDN

Banda Aceh –Aceh Monitor Com. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman secara resmi membuka Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara. Acara yang diikuti oleh 110 peserta dari unsur PNS, TNI, POLRI, dan BUMN ini berlangsung di Balai Kota Banda Aceh, Rabu (2/8/2017).

Mengawali sambutannya, wali kota mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia yang telah berinisiatif dalam melaksanakan kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan bela negara dan rasa cinta tanah air dalam mempertahankan NKRI secara optimal, sehingga tetap kokoh berdiri serta lebih maju dan sejahtera.”

Menurutnya, mempertahankan kedaulatan negara adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat. “Dan khususnya bagi PNS harus benar-benar memahami bentuk-bentuk sumber daya nasional yang menjadi sumber kekuatan bagi pertahanan bangsa, dan harus dikelola dengan sebaik-baiknya.”

“Dengan demikian akan terhimpun kekuatan yang terpadu dalam menghadapi berbagai tantangan terlebih lagi di era globalisasi saat ini, sehingga diharapkan hal ini dapat mengnyinergikan antara aparat keamanan dan Pegawai Negeri Sipil,” katanya.
Ia pun berharap kepada seluruh peserta perwakilan dari masing-masing instansi terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh, untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga nantinya dapat diimplementasikan kepada seluruh jajaran masyarakat kota.
“Kami memandang kegiatan sosialisasi ini sangatlah penting untuk turut menyukseskan program pemerintah melalui Kementerian Pertahanan Republik Indonesia serta dapat mengendalikan tata pelaksanaannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan RI Sutrimo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Direktur Komponen Cadangan Ditjen Pothan Kemenhan RI Bigjen TNI Iskandar M Munir menyampaikan bangsa Indonesia mulai saat ini harus mampu menciptakan suatu strategi dan upaya untuk membela dan mempertahankan tanah air.

“Jangan sampai kita dipecah-belah ataupun dicerai-berai oleh bangsa lain yang dengan sengaja menciptakan suatu kondisi agar persatuan dan kesatuan yang menjadi ideologi bangsa ini lemah,” pesannya.
Ia mengungkapkan, saat ini jumlah dan kekuatan TNI belum sebanding dengan jumlah penduduk dan luas wilayah yang harus dijaga dan dilindungi. “Untuk itu, TNI sebagai garda terdepan pelindung negara harus bersinergi dan bersama-sama dengan kekuatan bangsa lainnya untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI dari segala bentuk ancaman.”

Pengelolaan dan penataan sumber daya nasional saat ini telah dituangkan dalam bentuk RUU tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, dan secara draf telah selesai dilaksanakan pembahasan pada tingkat antar kementerian. “Saat ini sedang dilaksanakan pembahasan tingkat harmonisasi oleh Kemenkumham.”

“Semoga dengan adanya undang-undang ini, akan menjadikan bangsa kita lebih kuat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia, serta mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang telah menjadi budaya dan ideologi bangsa Indonesia,” pungkasnya. (Rel)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!