KABAR DARI ACEH

Kesbangpol Banda Aceh Gelar Sosialisasi Nilai Nilai Pancasila

Banda Aceh, Aceh Monitor Com.
Dewasa ini dimana segala bentuk informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah , tentunya membawa dampak yang sangat kompleks baik yang bersifat positif ataupun negatif, hal itu disampaikan Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE,AK,MM dalam pidatonya yang dibacakan oleh Asisten III Drs. Tarmizi, MM dalam acara pembukaan sosialisasi pemantapan Nilai – Nilai Pancasila Tahun 2018 dengan Tema” Membangun karakter Anak Bangsa Menuju Banda Aceh Kota Gemilang Dalam Bingkai Syariat Kamis (12/07/18 ) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan T. Panglima Nyak Makam Kota Banda Aceh yang dihadiri sejumlah muspida dan muspika dan peserta yang terdiri dari unsur remaja mesjid dan pemuda yang ada dikota Banda Aceh.

Sedangkan pemateri (Nara Sumber) terdiri komandan kodim 0101, Staf Ahli khusus Walikota Banda Aceh dan Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh Faisal.

Aminullah Usman dalam pidato yang dibacakan asisten III Tarmizi,menambahkan salah satu pertimbangan pemerintah Kota Banda Aceh untuk memberikan materi pemantapan Nilai-Nilai Pancasila bagi masyarakat, agar kita tidak melupakan sejarah, budaya dan idiologi pancasila serta lebih mencintai tanah air Indonesia.

“Pancasila” pasti istilah itu sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Ada yang berpendapat bahwa pancasila adalah sebagai dasar negara , lalu ada yang berpendapat pula bahwa pancasila sebagai cita-cita bangsa dan ada yang berpendapat lagi bahwa pancasila merupakan sejarah bangsa Indonesia, semua pendapat tersebut adalah benar,kata Aminullah Usman dalam pidato yang dibacakan Tarmizi.

“Akan tetapi yang paling penting dari pancasila adalah mengaplikasikan seluruh Nilai – nilainya sebagai pemersatu Bangsa , tersirat dengan jelas dalam butir – butir pancasila terutama pada sila ketiga yaitu persatuan Indonesia.

Persatuan amat penting kaitannya dengan masa depan Indonesia. Karena dengan persatuan, maka dapat tercipta suatu kekuatan, beragaman namun damai, sebagaimana yang telah dicita-citakan oleh para pendiri negara cita – cita tersebut berbunyi melindungi segenap bangsa dan tumpah dara Indonesia, memajukan kesejateraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan serta melaksanakan ketetiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam kesempatan ini Walikota Banda Aceh Aminullah Usman sangat berharap,” melalui sosialisasi pemantapan Nilai – nilai pancasila ini kita semua benar – benar memiliki kesadaran untuk mewujudkan komitmen bersama.

Disela – sela acara pembukaan pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemantapan Nilai – nilai pancasila kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh Faisal kepada Aceh Monitor Com,mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini salah satu aspek terpenting dalam pelaksanaan pembangunan untuk menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila dan Undang – undang dasar 1945 agar terciptanya keadaan dan situasi yang aman, tertib dan nyaman dari segala ancaman dan gangguan sehingga akan terciptanya kesadaran masyarakat mencintai dan menghargai rasa kesatuan Bangsa.

Faisal juga mengatakan, Kota Banda Aceh yang merupakan ibu kota propinsi Aceh adalah merupakan pusat segala kegiatan masyarakat baik, ekonomi,pendidikan maupun sosial budaya dan politik, kedudukan yang demikian itu sangatlah rentan terhadap segala gesekan yang dapat mengakibatkan kurang menghayati rasa persatuan dan kesatuan bangsa oleh karena itu sudah waktunya melakukan upaya – upaya diri dalam rangka menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, melalui kegiatan ini.” tegas Faisal.

Sementara itu .Kabid Bina Idiologi Kawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Zulkifli SH. sebagai ketua panitia, mengatakan,kegiatan sosialisasi pemantapan Nilai – nilai pancasila itu dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kota Banda Aceh.Penyelenggara kegiatan dialokasikan Dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Kota Banda Aceh (APBK) tahun 2018.

Zulkfli juga menambahkan, peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari unsur pemuda remaja Mesjid serta Organisasi kepemudaan dalam Kota Banda Aceh dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pemahaman dan pengamalan Nilai – nilau pancasila bagi setiapi individu serta masyarakat Kota Banda Aceh menjadi penggerak dalam pembangunan Bangsa yang berkualitas, berakhlak serta bermartabat juga meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka melakukan gerakan pemberdayaan kesadaran berbangsa dan bernegara.” tegasnya. (Pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!