KABAR DARI ACEH

Mulai 1 Januari 2019 , Bea Cukai Sabang Terapkan Layanan Online CEISA MANIFES FTZ Bagi Perusahaan

Sabang – Aceh Monitor Com (AMC). Mulai 1 Januari 2019, Bea Cukai Sabang terapkan Layanan Online CEISA MANIFES FTZ bagi perusahaan – perusahaan pengangkut yang masuk dan keluar Kawasan Bebas Sabang. Pelayanan online tersebut akan memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dalam menyampaikan pemberitahuan kedatangan kapal, inward dan outward manifest.

Menurut Koen Rachmanto, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang. Diseluruh kantor Bea Cukai dalam memberikan layanan pemberitahuan kedatangan kapal dan manifes ini telah masuk dalam salah satu pelayanan online yang dimiliki oleh DJBC.

“Customs Excise Information System and Automation yang sering kita kenal sebagai aplikasi CEISA, kecuali kantor-kantor dalam Kawasan Bebas seperti Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang dan Sabang. Dan per 1 Januari 2019 nanti Sabang dan Kawasan Bebas lainnya akan menerapkan pelayanan online ini.” jelasnya , Selasa 18/12/18.

“Diharapkan layanan online ini dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan pengangkut, sehigga mereka tidak perlu repot harus datang ke kantor Bea Cukai, sebab aplikasi online ini dapat diakses dari tempat masing-masing”, ucap Koen Rachmanto.

Sebelumnya Bea Cukai Sabang telah memberikan asistensi dalam Uji Coba Layanan online ini kepada beberapa perusahaan yang ditunjuk sebagai piloting sejak awal November 2018 dan memberikan sosialisasi kepada seluruh pengguna jasa kepabeanan dan cukai KPPBC TMP C Sabang, khususnya yang bidang usahanya sebagai Pengangkut.

Sementara itu , Kepala Seksi Perbendaharaan KPPBC TMP C Sabang Fajar Surayanto mengatakan ,  beberapa pelayanan Bea Cukai Sabang yang sudah menerapkan layanan secara online diataranya adalah Vessel Declaration (VD) bagi Yachterdan kapal pesiar sertalayanan pembayaran online (E-Billing) ke Rekening Kas Negara.

“Dan selanjutnya layanan terbaru yang nantinya akan dilakukan secara online juga adalah pelayanan pemberitahuan kedatangan kapal dan Inward Manifes maupun Outward Manifes”, ungkap Fajar Suryanto di sela sela kegiatan sosialisasi yang dilakukan Bea Cukai Sabang.

“Dengan demikian mulai tanggal 1 Januari 2019 untuk melayani pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut (RKSP) dan Manifes, KPPBC TMP C Sabang akan menerapkan secara online” tutupnya. (ril)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!