SOSIAL BUDAYA AGAMA

Pengurus Baitul Mal Gampong Dikukuhkan , Ini Tupoksinya

Bireuen –  Aceh Monitor Com (AMC). Pengurus Baitul Mal Gampong (BMG) Midhallatu-‘Al Adli Krung Juli Timu periode 2018 sampai dengan 2023 dikukuhkan, Acara tersebut turut dihadiri oleh PJ Kepala Baitul Mal Kabupaten Bireuen Rizwan Sulaiman, S.Ag, Sekretaris Baitul Mal Anwar, S.Ag.,MAP, Keuchik Gampong Krueng Juli Timu yang diwakili oleh Peutuha Tuha Peut Gampong Tgk. Jailani A. Karim, perangkat Desa Gampong Krung Juli Timu, dan Tokoh Masyarakat, berlangsung di Meunasah Gampong setempat, Jumat 29/12/2018.malam

Dalam sambutannya, Pejabat Kepala Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Rizwan Sulaiman, S.Ag menjelaskan tentang Tupoksi dari Pengurus Baitul Mal Gampong juga aturan-aturan yang mengatur tentang kegiatan yang akan dilaksanakan di Gampong.

“Peningkatan perekonomian, Islam tidak hanya terfokus kepada zakat semata, melainkan terdapat alternatif lain, seperti Infaq, shadaqah dan wakaf” ujarnya

Dalam berbagai kesempatan masyarakat menyedekahkan harta benda miliknya untuk mendapatkan pahala dan keridhaan Allah SWT.

Jumlah yang diberikan tidaklah begitu besar, namun jumlah tersebut apabila dikumpulkan dan dikelola dengan baik, tidak hanya dapat dipergunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, melainkan dapat dipergunakan untuk kepentingan pembangunan mesjid, tempat pengajian dan sebagainya, dikarena penggunaanya yang lebih fleksibel, berbeda halnya dengan zakat yang terikat dengan asnaf zakat.

“Infaq dan shadaqah merupakan kegiatan amal yang sudah membudaya dan  dilaksanakan oleh masyarakat di Gampong” jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Baitul Mal Anwar, S.Ag.,MAP disela kegiatan menyampaikan pembentukan Baitul Mal Gampong merupakan amanah dari Qanun Aceh nomor 10 tahun 2007 tentang tugas dan kewajiban Baitul Mal Kabupaten.

“Beberapa desa di Kabupaten Bireuen telah terbentuk, tidak hanya itu setiap BMG (Baitul Mal Gampong) juga akan kita bimbing dengan dengan Pelatihan Menajemen dan ilmu lainnya , maka dengan dikukuhkannya Baitul Mal Midhallatu-‘Al Adli Gampong Krung Juli Timu ini dapat memotivasi setiap desa lainnya” pungkasnya

Adapun Pengurus Baitul Mal Midhallatu-‘Al Adli yang dilantik antara lain Ketua Tgk. Azhari Ar, Sekretaris Muhammad Syukir, S.Pd, Bendahara Afrizal Za dan beberapa pengurus lainnya. (duta)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!