KABAR DARI ACEH

Wow, 1270 Mahasiswa Laksanakan KKN di Kabupaten Aceh Tamiang

Aceh Tamiang – Aceh Monitor Com. Sekitar 1270 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh laksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Tamiang , dan kedatangan mereka disambut oleh Bupati Mursil di Lapangan Tribun, Belakang Kantor Bupati setempat, Kamis (9/1/2020)

“Alhamdulillah, hari ini, Pemkab Aceh Tamiang menerima 1.270 Mahasiswa Unsyiah Banda Aceh,” ujar Bupati Aceh Tamiang tersebut dihadapan para mahasiswa KKN.

Lalu, secara ringkas Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn mengatakan, kabupaten yang bergelar Bumi Muda Sedia ini memiliki banyak potensi di berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata serta seni dan budaya.

Bupati berharap dengan adanya mahasiswa KKN di daerahnya, dapat berdampak positif baik bagi para peserta, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat khususnya masyarakat di lokasi kegiatan. Juga kepada para mahasiswa supaya dapat beradaptasi dan dapat berbaur dengan masyarakat sekitar. Hal ini mengingat Aceh Tamiang memiliki berbagai suku dan budaya.

Selain itu, Bupati berpesan, peserta KKN dapat mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan, khususnya di kalangan anak-anak remaja.

“Sesuai dengan program Maghrib mengaji bagi kalangan anak-anak hingga remaja. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Aceh Tamiang yaitu Aceh Tamiang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat Islami yang sejahtera,” ucap Bupati

Di akhir pesannya, Bupati Mursil meminta agar peserta KKN bisa memanfaatkan kegiatan tersebut secara optimal.

“Semoga peserta KKN dapat memanfaatkan kegiatan ini secara optimal sebagai sebuah proses pembelajaran, untuk memahami berbagai masalah di masyarakat, dapat menggali potensi yang ada di kampung-kampung, sehingga kedepan dapat membantu membuat program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Dana Desa yang dinilai cukup banyak,” ungkap Bupati.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Rektor Unsyiah Profesor Samsul Rizal, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Aceh Tamiang.

“Terimakasih kepada Bupati yang telah memperkenankan mahasiswa-mahasiswi kami melaksanakan KKN di Kabupaten Aceh Tamiang. Terlaksananya KKN ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan sebelumnya, maka dari itu Sekitar 1.270 mahasiswa kami kirim dan pusatkan di Kabupaten Aceh Tamiang,” paparnya.

Selaku Rektor, Samsul Rizal meminta peserta KKN dapat mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini di universitas.

“Saya harap ilmu yang didapat di universitas bisa diimplementasikan dengan baik di tempat KKN masing-masing, dengan tujuan membantu kepentingan masyarakat setempat. Saya ingin Anda semua mengabdi di desa tidak melihat dimana dan bagaimana tempatnya, janganlah mudah menyerah,” imbuhnya.

“Kepada mahasiswa KKN, saat menghadapi anak-anak, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA maupun masyarakat untuk memberi pengharapan kepada mereka, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, ubah mindset masyarakat, tekankan bahwasannya ada beasiswa untuk anak yang ingin kuliah, ada jalan untuk menaikan perekonomian masyakarat,” timpalnya lagi.

Senada dengan tanggapan Bupati, beliau juga mengharapkan agar para mashasiswa dapat menggali potensi Kampung dari 12 Kecamatan yang ada sehingga dapat membantu masyarakat membuat program melalui dana desa dan mengeksploitasi potensi yang ada.

Sebagai informasi, Universitas Syiah Kuala mengirimkan mahasiswa/i KKN sejumlah 1.270 orang diantaranya 638 putra dan 632 putri yang akan ditempat di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk di Kecamatan Seruway sebanyak 145 mahasiswa, Kecamatan Bendahara sebanyak 208 Mahasiswa, Kecamatan Manyak Payed sebanyak 221 Mahasiswa, Kecamatan Tamiang Hulu sebanyak 55 Mahasiswa, Kecamatan Tenggulun sebanyak 31 Mahasiswa, Kecamatan Bandar Pusaka sebanyak 88 Mahasiswa, Kecamatan Kejuruan Muda sebanyak 90 Mahasiswa, Kecamatan Sekerak sebanyak 84 Mahasiswa, Kecamatan Karang Baru sebanyak 187 Mahasiswa, Kecamatan Rantau sebanyak 97 Mahasiswa dan Kecamatan Banda Mulia sebanyak 64 Mahasiswa.

Tampak hadir dalam penyerahan mashasiswa/i KKN, Ketua DPRK, Suprianto, Sekda, Basyaruddin, Dandim 0117, Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, mewakili Kapolres Aceh Tamiang, para Asisten Setdakab, Ketua MPD, Fahmizar, para Kepala Bagian, Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Rektor Unsyiah Banda Aceh, Kepala P3KKN (Pusat Pengembangan dan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata) Unsyiah beserta panitia dan pembimbing kegiatan KKN Unsyiah serta para Datok Penghulu dalam Kabuapaten Aceh Tamiang. (Arifin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!