KABAR DARI ACEH

Kanwil Bea Cukai Aceh Bersama Dengan KPPBC TMP C Banda Aceh Gelar COTS

Banda Aceh  – Aceh Monitor Com (AMC). Customs On The Road (COTS) yang merupakan kolaborasi kegiatan antara Kanwil Bea Cukai Aceh dan KPPBC TMP Banda Aceh digelar tadi pagi jam 06.30-10.30 WIB di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan T.M Daud Bereueh, Banda Aceh.

Berbagai rangkaian kegiatan COTS disajikan secara menarik dan menghibur untuk para pengunjung yang hadir.

Berbagai kegiatan tersebut yakni , senam jantung sehat, penampilan tarian khas Aceh, pengenalan seragam Bea Cukai, live music, boardgame “kejujuran” dari KPK, aksi unit anjing pelacak K-9, donor darah PMI, freestyler motorbike, dukungan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi KPPBC TMP C Banda Aceh, aksi phantomim “Berani Jujur Hebat”, photobooth, pojok konsultasi Bea Cukai, pendektesian keaslian pita cukai, pembagian leaflet kepabeanan dan cukai, serta pembagian berbagai macam doorprize.

Dibuka Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Aceh, Erwindra Rachmawan dalam sambutanya mengatakan , momen COTS ini selain mensosialisasikan tentang visi, misi, tugas, pokok, dan fungsi Bea Cukai juga sebagai sarana untuk mengedukasi serta menghibur masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya.

Sementara itu Walikota Banda Aceh , Aminullah Usman  mengapresiasi Bea Cukai Aceh sebagai pengisi acara utama di CFD Banda Aceh . Aminullah juga mengharapkan bentuk sosialisasi yang dikemas dalam COTS akan mengedukasi masyarakat terkait Bea Cukai sehingga masyarakat Aceh akan lebih mengenal tugas Bea Cukai, meningkatkan iklim investasi serta ketaatan hukum terkait kepabeanan dan cukai juga meningkat.

COTS yang digelar berbarengan dengan Hari Anti Korupsi (HAK) Sedunia pada 9 Desember ini merupakan ajang Bea Cukai dan Pemkot Banda Aceh untuk mengkampanyekan anti korupsi dan mempopulerkan jargon bahwa Berani Jujur Hebat. Permainan yang dikemas dalam boardgame dari KPK disajikan di COTS ini yang banyak diminati oleh anak-anak.

Di COTS ini juga menampilkan pantomim dengan tema anti korupsi. Sebagaimana diketahui bahwa Indeks Penilaian Integritas yang dirilis KPK pertengahan November 2018 kemarin, menempatkan Ditjen Bea Cukai di urutan ketiga dengan nilai 76,54.

Sedangkan urutan pertama diraih oleh Pemkot Banda Aceh dengan nilai 77,39 dan peringkat kedua diraih oleh Pemkab Bandung dengan nilai 77,15. Nilai indeks tinggi mendekati angka 100 memperlihatkan risiko korupsi yang rendah dan adanya kemampuan sistem untuk merespons tindakan korupsi serta pencegahannya yang lebih baik. (..)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!