KABAR DARI ACEH

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia Harus Siap Bersaing

Banda Aceh – Aceh Monitor Com (AMC). Rektor  Universitas Syiah Kuala mengatakan , teknologi digital telah merubah paradigma cara kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu, dalam menghadapi menghadapi Revolusi industri 4.0 Indonesia harus siap bersaing. Khusus di Aceh ekonomi syariat Islam dalam pemberian kredit , hendaknya memiliki ke khususan ” ujar Prof . Dr Samsul Rizal M.Eng di pembukaan acara kuliah umum Menteri Agraria dan Tata Ruang/ kepala BPN. Yang berlangsung di AAC Dayan Dawood Darussalam. Rabu 12/12/18.

Kegiatan kuliah umum ini  mengambil tema “Kesiapan Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

“Enterprenuer harus ditingkatkan jumlahnya di Aceh , seperti yang sudah ditunjukkan para pedagang asal Aceh di kesawan Medan maupun Choket Kuala Lumpur Malaysia di masa lalu ” tambah Rektor

Sementara itu , Dr Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang mengatakan , dewasa ini wajar bila karir di dunia kerja juga banyak diisi oleh perempuan.

“Tantangan yang dihadapi saat ini adalah hal kreatif distrupsi dimana  setelah era mesin uap. Berganti dengan temuan teknologi baru . Hingga saat ini terjadi revolusi IT , dimana diprediksi pada tahun 2040 pekerjaan manusia digantikan oleh robot “ujarnya.

Ia menambahkan , saat ini tidak ada yang bisa disembunyikan oleh big data aksesportal dan web yang dimiki pribadi bisa ketahuan. Bahkan  Politisi bisa memanipulasi hasil pemilu , seperti brexit di Inggris dan kemenangan Presiden Trump di AS.

“Bahkan karena diketahui concern tentang ekstremisme pada Facebook , Instagram dan data pribadi saat ini sudah diketahui sebagai akses Informasi tentang pilihan politik. Selfie bisa juga mendatangkan masalah “kata Sofyan Djalil.

Dalam kegiatan tersebut , turut dihadiri Wali Nanggroe Tgk. Malek Mahmud Al Haytar ,  Guru Besar , Dosen dan mahasiswa Unsyiah (D, Ar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!