SOSIAL BUDAYA AGAMA

Teknik Sipil Unsyiah Gelar Aksi SIPIL PEDULI Lombok , Alumni Berikan Apresiasi Seperti Ini

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Syiah Kuala menggelar aksi “SIPIL PEDULI LOMBOK” untuk membantu korban gempa di NTB.

Tim yang beranggotakan mahasiswa, dosen, dan alumni teknik sipil Fakultas Teknik Unsyiah ini akan dibagi dalam beberapa misi untuk diberangkatkan ke Lombok dan mendistribusikan secara langsung bantuan-bantuan kemanusiaan bagi Korban Gempa disana.

Melalui siaran pers nya. Pembina Sipil Peduli, Surya Bermansyah ST, MT, yang juga Dosen Teknik Sipil ini pada Minggu (26/8) menyampaikan aksi SIPIL Peduli ini bertujuan untuk meringankan musibah yang dialami oleh saudara-saudara kita yang ada di Lombok.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa utnuk menerapkan ilmu pengetahuan bencana dan lingkungan (PBL) yang beberapa tahun terakhir sudah menjadi salah satu mata kuliah wajib di Unsyiah. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman lapangan di lokasi bencana.

Tim Misi 1 dari SP Lombok memberangkatkan M. Alfaridzi dan Roby Iskandar. Di Lombok, tim misi pertama ini fokus membantu pengungsi Warga Aceh, Posko pengungsian warga Aceh tersebar di beberapa titik pengungsian.

“Tim SP Lombok mendistribusikan bantuan-bantuan seperti sembako, genset, tanki air bersih dan terpal untuk tenda darurat” ujar Alfa.

Alfa juga menjelaskan , secara umum sudah terdapat banyak tim relawan yang hadir di bumi NTB (Lombok dan Sumbawa), baik itu dari LSM/NGO/ORMAS dan Pemerintah (BNPB/BPBD/PMI/MENSOS dll).

Namun karena keterbatasan fasilitas dan SDM , maka masih ada desa atau titik pengungsian yang belum terjamah. Terutama pengungsi di dusun dan desa. “Harapan kami kehadiran Tim Sipil Peduli dapat bermanfaat bagi mereka yang belum tersentuh bantuan” lanjutnya

Terkait kendala di lokasi, Alfa dan Roby menginformasikan bahwa tidak semua paket yang dikirim dari Aceh dapat didistribusikan.

“Bantuan barang berupa 14 Paket yg dikirim via Layanan Gratis PT. Pos Indonesia tidak dapat disalurkan, karena perubahan kebijakan PT. Pos dan BNPB/BPBD semua bantuan akan disalurkan oleh BNPB/BPBD. Ke depan Sipil Peduli akan tingkatkan koordinasi agar bantuan-bantuan dapat langsung kita distribusikan untuk meringankan beban dari tim BNPB/BPBD.

Aksi Sipil Peduli Lombok ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan alumni dan Warga Aceh.

Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya donasi partisipasi melalui Rekening Sipil Peduli di BNI Syariah 071.3262219 dan Posko Sipil Peduli Lombok di Sekretariat Ikatan Alumni Teknik Sipil (IKATSI) Jambotape, Banda Aceh. Sampai dengan Sabtu 25 Agustus telah terkumpul dana 35 juta lebih dan 28 kotak lebih bantuan pakaian dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Salah satu Alumni Teknik Sipil Unsyiah, Teuku Arief Khalifah, ST menyampaikan rasa bangganya atas aksi kemanusiaan tersebut.

“Tentunya ada rasa bangga saya melihat partisipasi dan kepedulian adik-adik mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah ini. Insya Allah kami sebagai alumni akan terus memberikan dukungan moril dan materil agar kegiatan kemanusian ini dapat bermanfaat dan berdaya guna” tutup Arief yang juga aktif di ranah politik sebagai Pengurus Partai Gerindra Kota Banda Aceh ini. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!