PEMKO BANDA ACEH

Wali Kota Minta Hadirkan Suasana Kondusif Saat Pemilu

Banda Aceh – Aceh Monitor Com (AMC).  Sebanyak 1579 personil Satlinmas mengikuti apel siaga pengamanan Pemilu 2019, Kamis (11/4/2019) di halaman Balai Kota.

Dari seluruh Satlinmas ini, tercatat 1184 personil PAM TPS, 450 personil Satlinmas Gampong dan 45 personil Satlinmas Kecamatan. Ikut juga mengikuti apel siaga ini 36 personil Babinkamtibmas Polisi dan 36 Babinsa TNI.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bertindak sebagai pembina apel siaga ini. Ikut hadir dalam apel ini, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Sekdakota, Bahagia, Kapolresta, Kombes Pol Trisno Riayanto, Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis, Ketua Panwaslih, Afrida, Ketua Pengadilan Negeri, Suwono, Kajari Kota Banda Aceh, Erwin Desman, Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Miwaldy dan seluruh SKPK jajaran Pemko Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Aminullah meminta seluruh personil Satlinmas mampu bekerja maksimal dalam mengadirkan situasi yang kondusif di gampong-gampong, baik jelang Pemilu, saat pemungutan suara maupun saat perhitungan suara.

Selanjutnya, para personil Satlinmas juga diminta menjaga netralitas pada pesta demokrasi kali ini.

“Yang terpenting adalah, Satlinmas juga harus dapat menjaga netralitas dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada pihak manapun maupun kelompok tertentu dalam penyelenggaraan Pemilu 2019,” pinta Aminullah.

Bukan hanya sekedar menjalankan tugas pengamanan, seluruh personil Satlinmas diminta dapat menyosialisasikan kepada warga kota agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS pada jari pemungutan suara 17 April nanti.

“Saya harap personil Satinmas juga ikut menyosialisasikan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati murani dengan mendatangi TPS,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Kombes Pol Trisno Riyanto mengatakan, ada 529 TPS di Banda Aceh yang akan dikawal linmas. Masing-masing TPS akan ditempatkan dua personil Linmas.

“Rekan rekan harus dapat memastikan kondisi keamanan di TPS,” pintanya.

Untuk kelancaran tugas pengamanan, Kapolrestas meminta Satlinmas terus melakukan koordinasi dengan Polri dan stakeholder lainnya.

Sementara Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis yang ikut memberikan sambutan pada apel ini menegaskan Satlinmas dan TNI/Polri memiliki tugas menjamin keamanan bagi masyarakat saat pemilu nanti.

Hasandi juga mengingatkan bahwa pengaman Pemilu merupakan tugas yang berat dan Satlinmas diminta untuk bekerja ekstra keras.

“Tugas kita sangat berat, kita harapkan kepada semua untuk disiplin. Keberlangsungan kesuksesan acara ini sangat bergantung kepada tim pengaman sebagai ujung tombak,” ucapnya.

Sementara Ketua KIP Aceh, Indra Miwaldy, juga meminta kepada para Satlinmas ikut membantu memastikan kelengkapan kotak suara di TPS masing-masing.

“Kita berharap para Satlinmas bersikap adil, tidak duduk ngopi atau berbarengan dengan para caleg pada hari H.” ujarnya.

Apel kesiapan ini dilakukan untuk memastikan kembali kesiapan aparat dalam mengawal proses Pemilu, mulai dari proses kampanye, pencoblosan, hingga perhitungan suara nanti.

Dalam apel juga dilakukan pemeriksaan alat-alat penunjang pengamanan seperti kendaraan taktis, peralatan senjata dan alat alat lainnya. (rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!