SOSIAL BUDAYA AGAMA

Banda Aceh Gelar Simulasi Gempa Tsunami

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Dalam rangka menyambut kegiatan Indian Ocean Wave (IOWeve18) setiap kota dan kabupaten di kawasan Lautan Hindia melakukan Simulasi Gempa Tsunami , 2 tahun sekali dimulai tahun 2009, 2011, 2013, 20015 dan 2016 dan 2018.

Untuk itu , Pemerintah kota dalam hal ini BPBD Banda Aceh ikut aktif dalam rangkaian kegiatan tersebut , serentak dilaksanakan pada tanggal 5 September 2018 diseluruh kawasan lautan India.

“Adapun kegiatan tersebut dilakukan antara lain , Simulasi terbuka berupa kegiatan uji sirena dan simulasi evakuasi masyarakat serta simulasi tertutup yaitu , kegiatan Table Top Excerses (TTX) ” jelas Kepala BPBD Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos., MM. ,Rabu /05/18.

Untuk Banda Aceh simulasi yang  dilakukan adalah , Simulasi TTX yaitu ,Simulasi kesiapan Komunikasi yang dilakukan di Pusdalops dalam rangkaian memberikan Informasi, langkah – langkah serta tindakan cepat tanggap.

“Simulasi berjalan lancar , dimana keterlibatan unsur- unsur terkait BPBA , RAPI,SAR,PMI,Unsur TRC dan Instasi terkait lainnya ikut membantu” sebut Fadhil, S.Sos., MM.

“Adapun evaluasi dalam simulasi adalah , bagaimana komunikasi bisa efektif jika dalam keadaan bencana , situasi listrik serta telpon tidak berfungsi namum tindakan informasi dalam penanganan masa tanggap darurat berjalan dengan baik ” katanya.

Dari 8 kab/Kota yang diperintahkan BMKG pusat hanya Banda Aceh yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. (Pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!