KABAR DARI ACEH

Di FGD Kesbangpol Linmas Aceh , Ciri – Ciri Hoax Dibeberkan

Banda Aceh – Aceh Monitor Com (AMC). Kesbangpol Linmas Aceh , Jumat (02/11/18) di Cafe Zakir Lampriet , melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait isu aktual antara Realitas dan Hoax jelang pileg dan pilpres 2019.

Dibuka Kaban Kesbangpol Linmas Aceh Mahdi Efendi yang diwakili kepala sub. Bidang Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Aceh Musmulyadi, S.Pd.I.MM. Dalam FGD yang diikuti 20 peserta yang terdiri dari awak media dan ormas.

Memulai kata sambutanya , Musmulyadi meminta maaf sebelumnya , dikarenakan Kaban Kesbangpol Linmas Aceh Mahdi Effendi berhalangan hadir dalam kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan terimakasih banyak atas partisipasinya dalam mengikuti FGD ini.

Kepala Sub. Bidang Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Aceh Musmulyadi, mengatakan , diskusi ini perlu kita bahas dan kita sampaikan kepada masyarakat mana berita benar dan mana berita tidak benar (Hoax).

“Media diharapkan menyampaikan berita yang benar , dan tidak membuat berita bohong agar tidak terjadi gesekan satu dengan lainya” jelas Musmulyadi.

Dalam FGD tersebut , turut menghadirkan narasumber Yarmen Dinamika yang dibantu moderator Zubaidah.

Yarmen Dinamika dalam paparanya menjelaskan tiga hal apa itu fakta , opini dan hoax.

Terkait Hoax , ia mengatakan tahun politik sudah diambang pintu dan timses akan melakukan manuver politik untuk memenangkan calon yang di dukungnya, kata Yarmen.

“Dan dunia maya (Medsos) adalah media yang sangat tepat , bagi mereka untuk melakukan manuver tersebut ” tegas Yarmen lagi.

Yarmen Dinamika menambahkan , sasaranya jelas bagi pengguna dunia maya , yang paling rentan terkena akan imbasnya yakni generasi milenial dan pengguna aktif medsos.

“Karakter Hoax khas , serba cepat , simpel dan akrab dengan internet tapi kurang dengan masalah hukum” ungkapnya.

Yarmen melanjutkan , ciri – ciri hoak yakni , cerita dan kabar bohong ,  peristiwa yang dilebih – lebihkan , teks berita tidak sesuai gambar , judul yang tidak sesuai isinya dan lain sebagainya.

Selain itu Yarmen menjelaskan , Masyarakat jangan tertipu dan terprovokasi dengan semua yang berbau teknologi “Karena teknologi itu tidak ada yang aman ” tutupnya.(van/pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!