KABAR DARI ACEH

Faktor Karhutla Akibat Kelalaian Orang – Orang Yang Berdekatan

Takengon – Aceh Monitor Com (AMC). BPBA melaksanakan Workshop Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Aceh Tahap ketiga yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Kegiatan Tersebut dilaksanakan selama 3 (Tiga) Hari, 27 sampai 29 Maret 2019. Bertempat di Hotel Bayu Hill Kabupaten Aceh Tengah.

Turut diundang  Unsur dari Dinsos Aceh Tengah, Dinas Sosial Bener Meriah, Dinas Sosial Aceh Utara, BPBD Aceh Tengah, BPBD Bener Meriah, BPBD Aceh Utara, KPH Wilayah II, KPH wilayah III, KPH Wilayah V, dan Unsur TNI dan Polri serta dinas terkait lainnya dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Workshop Karhutla ini dibuka langsung Kepala Pelaksana BPBA, H. Teuku Ahmad Dadek, SH dan Sekretaris Daerah Aceh Tengah , Karimasyah I, SE., MM Rabu Malam , 27 Maret 2019.

Kalak BPBA menyampaikan pentingnya workshop karhutla ini.”Selama 3 tahun kita cukup berhasil melakukan upaya-upaya pencegahan dan upaya-upaya kesiapsiagaan dan ini berkat kerjasama dan kerjakeras dari pihak TNI/POLRI, BPBD dan pihak lain yang terlibat ” ujar H. Teuku Ahmad Dadek, SH.

Sementara itu ,  Karimansyah I, SE., MM Selaku Sekda Aceh Tengah pada saat membuka Workshop Karhutla ini mengatakan ,  tujuan dilaksanakan workshop ini untuk mengatasi dan mencegah terjadinya karhutla, dan pengetahuan ilmu yang didapat dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

Terkait dengan karhutla faktor utama akibat kelalaian orang-orang yang berdekatan dan bersinggungan dengan lahan dan hutan.

“Yang paling penting disini bagaimana kita melakukan upaya pencegahan dan penanganan dengan dukungan masyarakat, jika masyarakat tidak peduli bagaimana kita menjaga sumber daya alam, maka kebakaran-kebakaran terus terjadi dan bencana-bencana besar lainnya akan terus menerus terjadi ” jelasnya.

“Tindakan tegas juga harus dilakukan agar tidak terjadi karhutla akibat tangan yang tidak bertanggung jawab” tambahnya.

Adapun pemateri yang dihadirkan terdiri dari BNPB, BMKG, KODAM Iskandar Muda, POLRES Aceh Tengah dan DLHK Aceh. (Ril)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!