SOSIAL BUDAYA AGAMA

Kakanwil Harapkan Program Inovatif

Banda Aceh – Aceh Monitor Com (AMC).  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyusunan dan Pembahasan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Kemenag Aceh untuk tahun 2020 di Banda Aceh, Senin (8/4) malam.

Rapat tersebut dilaksankan selama 4 hari, mulai dari tanggal 8 s.d 11 April 2019 yang diikuti  seluruh Kakankemenag, Kasubbag TU, Perencana pada Kankemenag kabupaten/kota se Aceh, Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag dan Kasi di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh.

Dalam sambutannya, Daud Pakeh mengatakah kalau rapat koordinasi Penyusunan dan Pembahasan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Kemenag Aceh Tahun 2020 merupakan kegiatan yang ke-lima kalinya diikuti Daud Pakeh sebagai Kakanwil Kemenag Aceh. Ia berharap dari rapat ini dapat menghasilkan satu inovasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Karenanya saya berharap rapat besar yang digelar selama empat hari ini dapat menghasilkan sesuatu yang jauh lebih maju ketimbang empat tahun silam. Setidaknya dapat memberikan kesan manis bagi kita semua dan tentu kehadiran kita kian dirasakan oleh masyarakat dengan berbagai upaya peningkatan pelayanan,” Ujar Daud Pakeh.

Selain itu, ia meminta kepada seluruh peserta RKA SK untuk betul-betul fokus dan serius mengikuti kegiatan itu, duduk bersama merancang program kerja dan menyusun anggaran tahun 2020 untuk program strategis, inovatif  dan  bermanfaat untuk Masyarakat. Tahun 2020 harus lebih baik dari apa yang telah dicapai di tahun sebelumnya.

“Kegiatan RKA SK ini sangatlah penting, agar setiap program yang diusul kemenag Aceh pada tahun 2020 merupakan hasil dari Rakor, bukan dari salinan tahun sebelumnya atau asal copy paste. Juga kegiatan ini dilaksanakan lebih cepat, sebelum dilaksanakan rapat pembahasan anggaran tingkat nasional di Kemenag RI.  untuk perbaikan siklus anggaran dan program lebih tepat,” lanjut Kakanwil.

Ia berharap agar  program yang dicapai pada Rakor tahun ini adalah hal yang substantif, tajam, kongkret dan terarah.

“Forum Rakor seperti ini merupakan kegiatan strategis, karena dalam forum ini kita akan membahas dan menyepakati sejumlah rencana kerja dan kegiatan penting yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja dan pemantapan langkah kita menuju masa depan yang dicita-citakan,” ujar Daud Pakeh.

Dijelaskan Kakanwil, Perencanaan yang baik adalah kunci keberhasilah organisasi kita, karena perencanaan merupakan proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.

“Perencanaan adalah proses terpenting dari semua fungsi manajemen, karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain dari manejemen tidak akan dapat berjalan dengan baik,” jelas Daud Pakeh.

Pembukaan kegiatan tersebut, diawali dengan penampilan Rapai Geleng dari Sanggar Keupula MAN 3 Banda Aceh, Tari Ranup Lampuan dan Gambus Zimra.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut Ketua Mahkamah Syariah Aceh, Kabag TU, Akademisi UIN Ar-Raniry Prof Hamid Sarong, Perwakilan Polda, Perwakilan Karo Isra Setda Aceh, perwakilan Kadispora Aceh,  Baitul Mall dan Ketua DWP Kemenag Aceh. []

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!