PEMKO BANDA ACEH

Wali Kota Banda Aceh Jadi Irup di Hari Pahlawan

Banda Aceh – Aceh Monitor Com.  Pemerintah Aceh menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (10/11/2019). Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh segenap unsur Forkopimda Aceh dan Banda Aceh, para Kepala SKPA, SKPK Banda Aceh, veteran perang, anggota TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan ratusan siswa sekolah.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Aminullah membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari Batubara. Katanya, kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno;  ‘hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar’,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Aminullah, peringatan Hari Pahlawan juga diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019.

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain, dan sebagainnya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata internasional,” kata Aminullah.

Rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2019 tingkat Provinsi Aceh dipusatkan di Banda Aceh. Sebelum acara puncak di Lapangan Blang Padang, juga telah berlangsung prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan. Dari Blang Padang, Aminullah dan rombongan pejabat lainnya bergerak ke Pendopo Gubernur Aceh untuk beramah-tamah dengan para veteran pejuang. ()

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!