SOSIAL BUDAYA AGAMA

Wali Kota Harapkan Ada Penyempurnaan dan Perbaikan Penyelenggaraan Haji

Banda Aceh- Aceh Monitor Com.Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman berharap kiranya Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dapat ikut membantu memberi masukan konstruktif dan merumuskan secara tepat hal-hal yang berkaitan dengan upaya penyempurnaan dan perbaikan penyelenggaraan haji di masa mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Aminullah pada acara info haji terkini dan silaturrahmi keluarga besar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Masjid Jamik Lueng Bata, Sabtu (23/12/2017)

Dikatakannya, hal tersebut merupakan pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan yang berkembang sebagai wujud konkrit sikap dan dinamika para pemimpin dan tokoh agama Islam dalam menanggapi perubahan dan perkembangan masyarakat yang terus menginginkan peningkatan kualitas penyelenggaraan haji.

Ditambahkannya, Warga Kota Banda Aceh yang melaksanakan ibadah haji dari tahun-ketahun terus-menerus menunjukkan peningkatannya, dan di satu sisi merupakan kemajuan yang patut disyukuri. Namun di sisi lain merupakan tantangan tersendiri sampai sejauh mana penyelenggara haji mampu mengelola secara baik dan profesional sehingga dapat memberikan pembinaan dan pelayanan yang berkualitas.

“Kehadiran IPHI diharapkan dapat semakin memperkokoh kemitraan dengan pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas haji indonesia, khususnya Kota Banda Aceh, dan IPHI kita harapkan dapat menjadi rujukan dalam pelaksanaan pembinaan jamaah pasca haji, terutama dalam ikut melestarikan dan mengaktualisasikan kemabruran haji jamaah melalui amal, terutama yang berdimensi sosial,” harapnya.

Sebab, kemabruran haji, tambah Aminullah, dapat diamati melalui perilaku individu jamaah haji setelah pulang melaksanakan ibadah haji, perilaku tersebut tercermin antara lain oleh amal ibadah dan amaliah sosial mereka yang meningkat ke arah yang lebih baik atau tidak.

Acara silaturrahmi IPHI ini, kata Aminullah, dianggap penting mengingat selesainya penyelenggaraan haji tahun 2017, para anggota IPHI dapat melakukan evaluasi, masukan dan refleksi kritis terhadap pelaksanaan program yang lalu, kemudian dapat merekonstruksi program yang disesuaikan dengan keadaan kini dan prediksi pada masa mendatang. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!