Sosbud

Walikota Buka Sosialisasi Pemahaman Bela Negara

Banda Aceh, Aceh Monitor Com.
Walikota Banda Aceh Aminullah Usman SE,Ak.MM , mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh, ucapan terima itu disampaikan Walikota Banda Aceh dalam pidatonya secara tertulis. Kamis (19/07/18) di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lampineung Banda Aceh, dalam acara pelaksanaan kegiatan sosialisi pemahaman Bela Negara ini dengan tema” Indonesia Negeriku, Banda Aceh Kotaku Kubela Sepanjang Masa” yang diikuti 100 perserta dari berbagai unsur Pemuda,remaja mesjid dan pemuda gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman , juga dihadiri Kakanwil Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Povinsi Aceh yang juga sebagai pemateri ( Nara Sumber) Kolonel Inf. Mulyono Syah, S.Sos, Kol. Laut (KH) Joni Agoesta, MM.l dan  para kepada SKPD, para camat dan unsur Muspika.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dalam sambutanya mengatakan , terima kasih Kesbangpol Kota Banda Aceh yang telah berinisiatif dalam melaksanakan kegiatan yang sangat bermamfaat ini, sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap Bela Negara dan rasa cinta kepada tanah air dalam mempertahankan NKRI secara optimal, sehingga tetap kokoh berdiri serta lebih maju dan sejatera.

Aminullah Usman juga memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada narasumber yang akan memberikan materi tentang kecintaan kepada tanah air, penguatan karakter anak bangsa dan pemahaman wawasan kebangsaan, selanjutnya Walikota Banda Aceh Aminullah Usman juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan selamat mengikuti kegiatan ini dengan serius serta sungguh – sungguh, sehingga manfaat ilmu dan bekal yang diperoleh akan berguna bagi penguatan terhadap karakter Bangsa serta kemajuan bangsa dan negara,”
Jelas Aminullah Usman.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman juga menambahkan. Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) akan semakin kokoh seiring dengan penguatan karakter bangsa, karakter bangsa itu bersumber dari empat pilar kebangsaan yang telah menjadi landasan pokok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, empat pilar itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI ) dengan kita memahami nilai-nilai yang terkandung didalam empat pilar kebangsaan tersebut antara lain nilai-nilai ketuhanan yang Maha Esa (tauhid), demokrasi (musyawarah) Hak Asasi Manusia, pluralitas persatuan dan kesatuan, dalam semangat kekeluargaan dan kebersamaan yang harmonis, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, maka kita dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu , Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh Faisal, S.STP,” mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan,bedasarkan peraturan Menteri dalam negeri Republik Indonesia No.38 Tahun 2011 tentang pedoman peningkatan kesadaran Bela Negara di Daerah serta peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 71 Tahun 2012 tentang pedoman pendidikan Wawasan Kebangsaan, hal itu disampaikan Faisal dalam laporan panitia pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemahaman bela Negara.

Faisal menambahkan , maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi pemahaman bela negara adalah untuk meningkatkan mutu pemahaman Bela Negara bagi setiap Anak Bangsa serta masyarakat Kota Banda Aceh sehingga menjadi penggerak pembangunan berwawasan kebangsaan yang berkualitas, berkhlak serta bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai syariat serta membangun karakter anak bangsa Kota Banda Aceh yang mencintai NKRI dan lingkungan Nasyarakat dimana dia berdomisili,” tegas Faisal.

Kabid Bina Idiologi kebangsaan dan karakter kawasan Bangsa Zulkifli SH yang juga sebagai panitia disela-sela  pelaksanaan kegiatan sosialisasi pemahaman Bela Negara  mengatakan kegiatan Sosialisasi Pemahaman Bela Negara Tahun 2018 bertemakan” Indonesia Negeriku, Banda Aceh Kotaku Kubela Sepanjang Masa”.

Para pemateri terdiri dari Kakanwil Kementerian RI Provinsi Aceh dengan materi Cinta Tanah Air. Staf Ahli Khusus Walikota Banda Aceh dengan materi penguatan Kader Anak Bangsa, Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh dengan meteri Pemahaman Wawasan Kebangsaan,” tambah” Zulkifli.( Pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!