SPORT

13 Atlet Aceh Jalani Pelatnas SEA Games

BANDA ACEH – Aceh Monitor Com (AMC). Sebanyak 13 atlet Aceh saat ini sedang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk menghadapi SEA Games XXX di Filipina, 30 November – 8 Desember 2019.

Para atlet yang berasal dari lima cabang olahraga menjadi penghuni Pelatnas setelah lolos seleksi nasional (Seleknas) yang diadakan pengurus besar masing-masing cabang olahraga tersebut.

Ke-13 atlet itu yakni Surahmat, Nurul Akmal (angkat besi), Odie Tasmara (anggar, nomor degen putra), Irsalina (muaythai), Masykur, Rani Amellia (petanque), Ragil Wahyudiono (soft tenis), Ramdan Atika, Febri M. Sani, Munzahar, Frillyanti Chairunisa, Sartinah, Rini Fauza (rugby).

Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun MPA kepada wartawan di Banda Aceh, Senin 22 April 2019 mengatakan, para atlet yang berhasil masuk Pelatnas merupakan atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang diadakan KONI Aceh untuk menghadapi Pra PON dan Porwil Sumatera di Bengkulu, November 2019.

Nasir menyebutkan, berhasilnya atlet Aceh masuk Pelatnas sungguh menguntungkan dalam upaya meningkatkan prestasi, karena menjalani program latihan dan kompetisi yang berkualitas.

Katanya, selain kualitas latihan yang sudah tentu berkualiatas, Pelatnas merupakan persaingan atlet elit nasional. “Mereka itu yang nantinya juga akan bersaing di PON Papua”, ujarnya.

Sebutnya lagi, masuknya belasan atlet di Pelatnas sangat mendukung persiapan KONI Aceh menghadapi PON XX/2020 di Papua dengan target meraih peringkat 10 besar.

Diharapkannya, para atlet dapat menjalani Pelatnas dengan sebaik-baiknya sehingga mampu memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia di SEA Games Manila dan bisa berprestasi meraih medali di PON Papua.

Kecuali itu, ia menambahkan, KONI Aceh juga telah memulai Pelatda 120 atlet dari 16 cabang olahraga yang dipersiapkan menghadapi Pra PON dan Porwil, sejak 1 Maret 2019.

Atlet yang dipersiapkan di Pelatda tersebut terdiri kategori satu, dua yang akan menjalani Pelatda selama delapan bulan, kategori tiga akan menjalani pemusatan latihan selama tiga bulan.

Katanya, kegiatan Pelatda tetap berjalan di bulan puasa. Kegiatan latihan atlet selama Pelatda juga dipantau dan dievaluasi oleh tim monitoring.

Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque (Pengprov FOPI) Aceh, Abdurrahman mengatakan, dua atletnya yakni Masykur dan Rani Amellia yang berhasil lolos Seleknas akan dipanggil resmi oleh PB Petanque untuk menjalani Pelatnas 13 Juli sekaligus try out (ujicoba) ke Eropa 17 Juli 2019.

“Untuk saat ini semua atlet yang lolos SEA Games masih melakukan latihan rutin di daerah ditangani pelatih yang ditunjuk oleh provinsi masing-masing”, jelasnya. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!