Begini Realisasi Program Baitul Mal Gampong di Kabupaten Bireuen

Bireuen – Aceh Monitor Com. Baitul Mall tingkat Gampong di Kabupaten Bireuen mulai mengimplementasi program kerja perdananya, sebagaimana yang di laksanakan di tiga Desa binaan oleh Sekretariat Baitul Mal Pemerintahan Kabupaten Bireuen.

“Alhamdulilah program ini sedang berjalan dan terealisasi dengan baik di tiga desa dari tiga kecamatan yang kita bina dan ini sekaligus menjadi pilot projek dari tahap program Baitulmall Kabupaten Bireuen” ungkapnya

Hal tersebut diutarakan Sekretaris Baitulmall Bireuen Anwar S.Ag kepada Aceh Monitor.Com diruang kerjanya, Senin 24/9/2018.pagi

Lebih lanjut, Anwar S.Ag menerangkan lembaga sosial masyarakat yang baru dibentuk ditingkat Gampong ini nantinya akan menyelenggarakan kegiatan sebagaimana fungsinya dan menjadi salah satu wadah yang tumbuh dan berkembang dilingkungan masyarakat Desa

“Secara teknis, kinerja dari kelompok/pengurus Baitul Mall tingkat Gampong akan lebih berpengaruh terhadap keterlibatan¬†langsung dalam berinteraksi, bersosialisasi dengan individu individu, Singkatnya, kedekatan fisik yang dapat meningkatkan peluang interaksi dan bentuk kegiatan yang dijalankan dalam mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial di desa saat ini ” terangnya.

Adapun realisasi program prioritas yang telah sukses dijalankan di Desa Desa binaan diantaranya Baitul Mal Gampong Meunasah Mesjid Kecamatan Simpang Mamplam, Baitul Mal Gampong Kareung Kecamatan Kuala, Baitul Mal Gampong Pante Gajah Kecamatan Peusangan.

Dan masing masing Gampong tersebut telah mengimplementasikan program program seperti penyerahan santunan fakir miskin 20 orang perdesa, fakir ozhor, rehap rumah dhuafa 1 unit perdesa, sertifikasi tanah wakaf, pemberdayaan life Skil, yang keseluruhan Bugget anggaranya murni bersumber dana yang diplot oleh lembaga Non Struktural Pemerintah Kabupaten Bireuen itu.

“Berdasarkan pengajuan program dari setiap Desa, dimana setiap program yang telah diverifikasi harus terarah dan sesuai dengan prosedur serta tak lepas dari pengawasan secara continue oleh Sekretariat Baitul Mal Pemerintah Kabupaten Bireuen.”jelasnya

Dan pada kesempatan itu, pria yang kerap disapa dengan Cek Wan ini berharap program ini dapat terlaksana dengan baik dan terealisasi diseluruh Gampong dalam Kabupaten Bireuen.

“Harapan kita ini menjadi trobosan baru dalam meningkatkan status sosial, pendapatan, ketrampilan masyarakat Islam dalam rangka mengatasi ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial dilingkungan masyarakat”harapnya

Sementara itu, Rusdi (46) kordinator Baitulmall Gampong meunasah Mesjid Kecamatan Simpang Mamplam mengakui dengan keberadaan Baitul Mal Gampong sangat membantu Pemerintahan ditingkat desa dalam menyelesaikan masalah masalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat.

“Meminimalisir masalah masalah sosial yang kerap terjadi di desa dimana wadah ini dapat difungsikan untuk Memfasilitasi penyaluran Zakat, Infaq dan Shadakah kepada yang berhak menerimanya”ujarnya.

Selanjutnya, bersama para pengurus khususnya Baitul Mal Gampong Meunasah Mesjid akan terus berupaya untuk mandiri dan professional dalam setiap pelaksanaan program program yang telah di rencanakan sesuai dengan apa yang menjadi prioritas di Gampong.(Duta).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!