KABAR DARI ACEH

Benda Peninggalan Dinasti Ming , Dipamerkan Di Stand Kesultanan Aceh Darussalam

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Ketua Balai Room Kesultanan Aceh Darussalam , Teuku Saiful Samsi Keumangan menjelaskan , Stand Kesultanan Aceh Darussalam yang terletak di gedung Baperis (samping pendopo Gubernur Aceh) dalam keikutsertaannya di ajang PKA Ke 7 , memamerkan benda –  benda sejarah peninggalan kerajaan Aceh Darussalam.

“Mulai dari sejarahnya , bentuk hubungan diplomasi luar negeri , sejarah perang , mata uang , bendera perang dan pelaminan raja ” jelas Teuku Saiful Samsi , kepada Aceh Monitor Com.Rabu 08/08/18.

Ia menambahkan , ada benda dari kuningan paling bersejarah yang kita pamerkan yakni , tempat peusijuek , tempat cuci muka , senjata dan pedang. ungkapnya.

Selain itu , Teuku Saiful Samsi menyebutkan juga ada peninggalan dari Dinasti Ming (China) yakni tempat minum teh dari batu Giok tahun 1405.

Teuku Saiful Samsi juga mengatakan , penggunjung yang datang ke stand Kesultanan Aceh Darussalam , ada dari Malaysia dan Amerika , sedangkan dari dalam negeri sendiri , ada dari Sulawesi , Jawa dan Sumatera.

“Pengunjung yang datang kemari sangat antusias dan terkejut , penggunjung berpikir kalau ini, museum kesultanan dan mereka sampai terkejut saat melihat ini semua , begitu luar biasanya hubungan diplomatik kesultanan Aceh pada masa itu , kata penggunjung yang datang kemari ” tutup Teuku Saiful Samsi Keumangan. (van)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!