KABAR DARI ACEH

IMT – GT Dibuka Plt.Gubernur Aceh , Dengan Targetnya Seperti Ini

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Plt.Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah membuka Indonesia – Malaysia – Thailand  Growth Triangle (IMT- GT) yang berlangsung di Ball Room Hermes Hotel Banda Aceh. Jumat 27/07/18.

Kegiatan ini di fasilitasi Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Aceh , berlangsung 27 sampai dengan 30 Juli 2018.

IMT – GT merupakan kelompok subregional ASEAN yang bertujuan meningkatkan perkembangan ekonomi di 32 wilayah ditiga negara, yakni 10 provinsi di Indonesia , delapan negara bagian di wilayah utara Malaysia , dan 14 provinsi di wilayah selatan Thailand.

Working Group on Tourism (WGT) merupakan kelompok kerja yang bertugas untuk menindaklanjuti dan mengimplementasikan kesepakatan kerjasama sektor pariwisata di wilayah IMT- GT.

Asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I.  Harianto mengatakan, karakteristik ketiga negara ini di Asia Tenggara (Indonesia- Malaysia- Thailand) relatif sama.

“Dengan kesamaan kultur , destinasi , geografi dan seterusnya , maka promosinya lebih terarah , terpadu dengan program yang terencana , sehingga kekuatan di tiga negara ini semakin eksis di Internasional dan kementerian pariwisata mendorong promosi itu “sebutnya.

Ia menambahkan , pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara , terutama negara Asia Tenggara , begitu juga capain target dari tiga negara ini.

“Kalau kerjasama ini terbangun dengan baik , akan mempunyai pola , bagaimana wisatawan yang Tour ke Malaysia maupun Thailand bisa disatukan ke Sabang misalnya “kata Harianto.

Harianto menyebutkan terkait penerbangan udara yang sangat mendukung datangnya wisatawan mancanegara oleh karena itu kementerian pariwisata mendorong kementerian perhubungan, angkasa pura dan maskapai agar penerbangan diperbanyak.

“Kerjasama ini harus digodok , agar kunjugan wisatawan nya bisa tinggi dan hari ini sedang dikembangkan bandara untuk penerbangan biaya murah , apalagi trend sekarang anak –  anak muda (Kaum Millenial) ” ujar Harianto.

Sementara itu , Plt.Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah mengatakan , IMT – GT sudah berlangsung 21 tahun dan sudah ada skemanya , potensi pariwisata yang paling dekat yakni , Sa-Pu -La (Sabang-Phuket -Langkawi) yang akan kita gemakan dan sekaligus di promosikan.

“Dan kita harapkan ada kerjasama Sabang – Phuket – Langkawi yang spesifik , misalnya Yacht Club  yang sudah didirikan di Phuket , Sabang dan juga di Langkawi , komunitas tersebut, kita harapkan dapat mempromosikan tiga daerah ini ke dunia iernasional ” jelas Plt.Gubernur Aceh.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir delegasi Indonesia Edy Wardoyo , delegasi Malaysia H.E. Dato’ Haslina  Abdul Hamid , delegasi Thailand Dr.Jiraporn  Prommaha,perwakilan CIMT, JBC , ADB , Asdep Kemenpar RI Reza Fahlevi dan Plt.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Amiruddin. (van)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!