KABAR DARI ACEH

Karena Faktor Ini , Penjualan Properti Barat Selatan Melambat

Aceh Barat – Aceh Monitor Com. Dalam rangka monitoring pembangunan perumahan diwilayah Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Barat Daya banyak kendala yang dijumpai, terutama perizinan dan kepemilikan penerbitan SHM.

Terkait hal tersebut , Afwal ketua Apersi Aceh mengatakan, kondisi ini sangat memprihatinkan karena pemerintah kabupaten / kota belum sepenuhnya memahami tentang  kemudahan bagi pengembang membangun perumahan bersubsidi. Dari segi biaya masih relatif mahal.Minggu 14/10/18.

Afwal mencontohkan dikabupaten Nagan Raya masih memungut biaya Fiskal sebelum membayar IMB apalagi ada biaya galian C sudah dibayarkan dan belum adanya ketetapan koefisien perkalian untuk 1 unit rumah type 36.

“Sehingga pengembang harus membayar untuk 1 unit rumah mencapai sekitar 500 ribu, jika dibandingan dengan kabupaten lain jauh lebih mahal” jelas Afwal.

Untuk penerbitan SHM (Sertifikat Hak Milik) atau SHGB masih di jumpai kabupaten Abdya cukup dibilang lama hanya menerbitkan SKT (Surat Keterangan Tanah).

“Perlu waktu 2 bulan. Kondisi seperti ini , bisa memperlambat pembangunan karena legalitas saja sudah lama , belum lagi waktu membangun rumah “ungkap Afwal

“Pemerintah pusat telah mengeluarkan PP No. 64 tahun 2016 , seharusnya pemkab melalui kantor perizinan cukup membaca saja dan menerapkannya.
Untuk kondisi pasar dikabupaten Aceh Barat cukup baik selain jumlah penduduk ramai dan kota Meulaboh sendiri sudah ada kampus , hanya saja pengembang masi belum memahami cara menjual dengan cara benar “tambahnya lagi.

Afwal menambahkan , persaingan antar sesama pengembang belum sehat dan kita mengharapkan kepada Pemkab Aceh Barat untuk membuat PERDA tentang batasan luasan tanah untuk rumah ,  agar penataan lokasi pembangunan perumahan tidak menimbulkan masalah baru kedepan.

Dalam kesempatan itu , Apersi Aceh juga akan melaksanakan pameran perumahan dikota Meulaboh dari beberapa pengembang lainya seperti , Nagan Raya, Aceh Barat Daya dan Simeulue juga ikut berpartisipasi dalam acara pameran tersebut sambil memberikan edukasi tentang rumah murah bersubsidi. (Rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!