KABAR DARI ACEH

Kesbangpol Aceh , Gelar Rakor Organisasi Asing

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Kesbangpol Aceh menggelar kegiatan Rakor Organisasi Asing di Aceh. Selasa 09/10/18.Di Aula kantor setempat.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari kesbangpol Kab/kota yang menangani Ormas di kabupaten masing-masing dan juga stakeholders di Aceh. Unsur Kodam , Imigrasi , Polda , Dinas sosial , Dinas Kesehatan ,Dinas perlindungan anak dan perempuan serta beberapa instansi terkait lainnya.

Kegiatan ini langsung di hadiri kasubdit Ormas Asing direktorat Ormas ditjen Polpum Kemendagri Dra. Ir. Yuniat Irawati, SP. MP. Yang bertindak sebagai Narasumber dan Edi Son, SH. MH. dari kanwil Kemenkumham Aceh.

Pada sesi arahan kepala Badan Kesbangpol Aceh Drs. Mahdi Efendi, menyampaikan , kegiatan ini , kita laksanakan dalam rangka peningkatan Sinergitas dan Koordinasi dalam rangka pengawasan Ormas Asing atau ormas yang didirikan oleh Warga Negara Asing.

Ormas Asing silakan melaksanakan kegiatan di Aceh dan di Indonesia, akan tetapi harus menjunjung tinggi aturan- aturan hukum yang berlaku di Republik ini. Memperhatikan norma – norma yang berlaku.

Mahdi Efendi berharap kepada peserta , untuk dapat saling berbagi informasi dan saling share antar sesama. Sehingga pengawasan Ormas dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu , Yuniat irawati menjelaskan bagaimana tatacara ormas asing akan melaksanakan kegiatan di Indonesia , harus mendapatkan izin prinsip dari kemenlu , setelah itu baru di perbolehkan untuk melaksanakan kegiatan.

Selanjutnya Ormas asing atau ormas yang didirikan oleh WNA setelah mendapat izin prinsip dan izin operasional maka ormas tersebut harus melaporkan keberadaan nya dan rencana kegiatannya di lapangan.

Sedangkan Edison dari kanwil kemenkumham menyampaikan tatacara yayasan atau perkumpulan Asing.

Peserta dalam kegiatan ini , di ikuti 50 orang, dan tampak peserta sangat antusias dalam kegiatan ini.  (Pri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!