KABAR DARI ACEH

Dalam Operasionalnya , Koperasi RSUD Meuraxa Terapkan Sistim Syariah

Banda Aceh – Aceh Monitor Com. Senin,  24 September 2018 yang lalu  Anggota Koperasi RSUD Meuraxa mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dihadiri lebih kurang 300 anggota dari 750 orang anggota koperasi.

Dalam RAT 2018 tersebut,  anggota koperasi telah memutuskan , untuk menerapkan sistem syariah dalam operasional nya dan simpan pinjam serta usaha-usaha yang dilaksanakan oleh koperasi.

Tujuan koperasi tersebut ,  menerapkan sistem syariah dalam operasional nya , agar semua transaksi yang dilaksanakan oleh koperasi dengan para anggota nya dapat sesuai dengan prinsip prinsip syariah dan terhindar dari sistem romawi yang selama ini dijalankan yaitu dengan sistem bunga pinjaman.

Sistim syariah ini sudah disepakati oleh semua anggota koperasi dan siap dilaksanakan mulai tahun 2018 ini sampai pada tahin tahun yang akan datang.

Dalam bimbingan syariah yang dilakukan hari ini , Kamis 270/09/18. Direktur RSUD Meuraxa,  dalam kapasitasnya sebagai pembina dan penanggung jawab koperasi dr. Fuziati, Sp. Rad.mengatakan , peralihan dan hikmahnya sistem operasional koperasi ini dari konvensional atau sistem bunga pinjaman kepada sistem syariah ialah , bagi hasil atau mudharabah dan sistem transaksi keuangan syariah lainnya secara sederhana dan cepat.

“Ini merupakan impian dan harapan kita semua yang bergabung di koperasi RS Meuraxa agar kita dapat mencapai keberkahan dan keridhaan dari Allah SWT dan seiring sejalan dengan visi kota banda aceh gemilang dalam bingkai syariah ” sebut dr.Fuziati, Sp.Rad.

Dalam kesempatan tersebut , koperasi dan anggota juga mengundang narasumber yang sedang konsen dengan sistem syariah saat ini,  Dr. Muhammad Yasir Yusuf,  MA , untuk memberikan pencerahan dan penjelasan tentang sistem transaksi syariah , yang bisa diterapkan baik pada level koperasi maupun perbankan syariah.

Dalam pemaparanya , koperasi yang menerapkan sistem syariah merupakan sistem yang sangat manusiawi dan sesuai prinsip – prinsip Islam.

“Banyak jenis transaksi syariah yang bisa dilaksanakan di koperasi ada jenis transaksi mudharabah,  wakilah, dan lain sebagainya ” jelas Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA.

Dengan menerapkan sistem syariah ini kita menjadi damai,  operasional koperasi menjadi berkah dan menggembirakan anggota. Tutup Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA. (rel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top
error: Content is protected !!